Pemerintah Kota Tasikmalaya

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

SD Laboratorium Percontohan UPI Tasikmalaya

Jl. Dadaha No. 18 Kel. Kahuripan Kec. Tawang 46115 Tasikmalaya Prov. Jawa Barat

Tlp. 085353007575 - NSS: 102327803008 - NPSN: 69892515

TERKINI: Selamat datang di website resmi SD Laboratorium Percontohan UPI Tasikmalaya, kami menyediakan informasi tentang profil, kegiatan, karya, dan dokumentasi sekolah kami pada situs ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

CARI TULISAN


PENGUMUMAN TERBARU

JADWAL KEGIATAN


Seleksi Siswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018 Gelombang I

Tgl. 14/03/2017 | Pukul 8:00 am
s/d. 16/03/2017 | Pukul 4:00 pm

Tempat: SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Masuk Tahun Pelajaran Baru 2016/2017

Tgl. 18/07/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/07/2016 | Pukul 2:00 pm

Tempat: SD Lab Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Peresmian Website SD Lab. Percontohan UPI Tasikmalaya

Tgl. 18/04/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/04/2016 | Pukul 8:30 am

Tempat: Sekolah

LOGIN FORM



Lupa Password? | Register »

POLLING SINGKAT

Pendidikan - Pengelolaan Pendidikan

Pengelolaan SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya mengacu kepada standar pengelolaan pendidikan satuan pendidikan dasar dan madrasah yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 19 tahun 2007.

A.      Pengelolaan Pendidikan

Pengelolaan pendidikan SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya meliputi hal-hal berikut ini.

 

1.      Rencana Kerja Sekolah

Rencana kerja SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

meliputi rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan.

a.    Rencana Kerja Menengah (Empat Tahunan)

Rencana kerja menengah menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahunan berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan lulusan.

Rencana kerja menengah disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah dan disahkan berlakunya oleh Manager Labschool UPI diketahui Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

 

b.   Rencana Kerja Tahunan

Rencana kerja tahunan dituangkan dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya yang dilaksanakan berdasarkan rencana kerja jangka menengah.

Rencana kerja tahunan SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya dijadikan dasar pengelolaan sekolah yang ditujukan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Rencana kerja tahunan memuat hal-hal berikut:

1)      Kesiswaan;

2)      Kurikulum dan kegiatan pembelajaran;

3)      Pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya;

4)      Sarana dan prasarana;

5)      Keuangan dan pembiayaan;

6)      Budaya dan lingkungan sekolah;

7)      Peran serta masyarakat dan kemitraan;

8)      Rencana kerja lain mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan.

 

2.      Pelaksanaan Rencana Kerja

Pelaksanaan rencana kerja SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya, meliputi: penyediaan pedoman pengelolaan sekolah, struktur organisasi sekolah, pelaksanaan kegiatan sekolah, bidang kesiswaan, bidang kurikulum dan pembelajaran, bidang pendidik dan tenaga kependidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, serta peran serta masyarakat dan kemitraan.

 

a.    Pedoman Pengelolaan Sekolah

Pedoman untuk pengelolaan SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya, dilakukan hal-hal meliputi: penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan, penetapan kalender pendidikan, penyusunan struktur organisasi sekolah, pembagian tugas guru, pembagian tugas tenaga kependidikan, penetapan peraturan akademik, penetapan tata tertib sekolah, penetapan kode etik sekolah, dan penetapan biaya operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah akan dievaluasi dalam skala tahunan.

 

b.   Struktur Organisasi Sekolah

Struktur organisasi SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya menggambarkan sistem penyelenggaraan dan administrasi yang melibatkan seluruh unsur sekolah meliputi: pimpinan sekolah, wakil pimpinan sekolah, bidang akademik/kurikulum, bidang kesiswaan, bidang ketatausahaan, bidang pengembangan dan penjaminan mutu, bidang layanan umum, guru, pembantu umum, komite sekolah, murid, dan Manager Labschool UPI.

Struktur organisasi sekolah disyahkan oleh kepala sekolah dengan mempertimbangkan pendapat komite sekolah dan Manager Labschool UPI dan dievaluasi secara berkala.

 

c.    Pelaksanaan Kegiatan Sekolah

Pelaksanaan kegiatan sekolah di SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya, meliputi: pelaksanaan akademik/kurikulum baik kurikulum standar pemerintah (kurikulum regular) maupun kurikulum muatan lokal, kegiatan ko- dan ektrakurikuler, serta kegiatan-kegiatan lain sesuai rencana tahunan, seperti: PBL (Project Based Learning), kegiatan cerdas istimewa MIPA, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat bermitra dengan kegiatan dosen UPI, dll.

Kegiatan sekolah dilakukan berdasarkan rencana tahunan dan ketersediaan sumber daya, serta kegiatan diluar rencana tahunan yang disetujui komite sekolah dan atau Manager Labschool UPI.

Seluruh kegiatan seolah dipertanggungjawabkan oleh pimpinan sekolah dan dilaporkan kepada pihak terkait seperti kepada: Dinas Pendidikan Kecamatan Wilayah Tengah dan Kota Tasikmalaya, UPI Kampus Tasikmalaya, dan atau Manager Labschool UPI.

 

d.   Bidang Kesiswaan

Bidang kesiswaan SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya meliputi: penerimaan siswa baru, kegiatan orientasi siswa baru, layanan bimbingan, layanan kesehatan, kegiatan ektrakurikuler, pembinan prestasi unggulan, dan pelacakan alumni.

Penerimaan siswa baru dimaksudkan adalah menerima siswa baru kelas satu minimal umur enam ahun dan atau menerima pindahan siswa kelas lainnya sesuai dengan kondisi kebutuhan sekolah.

Kegiatan orientasi siswa baru ditujukan kepada siswa baru kelas satu dan atau siswa pindahan kelas lainnya sesuai kebutuhan sekolah maupun kebutuhan siswa itu sendiri.

Layanan bimbingan diberikan kepada semua siswa baik yang bermasalah maupun yang tidak bermasalah dalam rangka meningkatkan prestasi belajar dan menemukan jati dirinya untuk mewujudkan manusia yang tumbuh dan berkembang secara utuh.

Layanan kesehatan diberikan kepada semua siswa secara periodik dalam rangka memelihara kesehatan dan memberikan pendidikan hidup sehat yang bernmanfaat bagi kehidupan siswa.

Kegiatan kestrakurikuler dilakukan kepada semua siswa berdasarkan minat dan bakat siswa serta berorientasi kepada nilai-nilai kearifan lokal, sehingga secara tidak langsung ikut melestarikan budaya daerah untuk memperkaya khazanah budaya nasional.

Pembinaan prestasi unggulan diberikan kepada siswa yang memiliki prestasi tinggi dalam bidang mata pelajaran, khususnya menyangkut MIPA dalam rangka mempersiapkan olimpiade MIPA tingkat Sekolah Dasar.

Pelacakan alumni dilakukan secara periodik melalui kerjasama dengan organisasi alumni yang terbentuk untuk melihat keluaran pendidikan SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya pada jenjang pendidikan lebih lanjut atau dalam hidup di masyarakat dan menjadi umpan balik dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya itu sendiri.

 

 

e.    Bidang Kurikulum dan Pembelajaran

Bidang kurikulum dan pembelajaran SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya meliputi: penyusunan KTSP, silabus, RPP, kalender pendidikan, proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan peraturan akademik.

Penyusunan KTSP dilakkan secara kolaboratif anatara pimpinan sekolah, guru-guru, tenaga kependidikan sekolah, komite sekolah, dan dosen UPI sebagai tenaga akhli kurikulum dan mata pelajaran.

Penyusunan silabus dialakukan sebagai pengembangan KTSP dan menjadi pedoman untuk penyusunan RPP yang disesuaikan dengan model SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya. Silabus disusun dalam bentuk silabus pembelajaran tematik berdasarkan struktur kurikulum standar pemerintah dan silabus muatan lokal berdasarkan struktur kurikulum muatan lokal SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya.

RPP disusun berdasarkan silabus yang dikembangkan serta buku guru dan buku murid yang diterbitkan oleh pemerintah menurut kurikulum 2013. Satuan RPP dibuat untuk setiap pembelajaran berdasarkan tema dan sub tema yang telah ditetapkan.

Kalender pendidikan ditetapkan berorientasi kepada kalender pendidikan tinmgkat provinsi Jawa Barat pada umumnya dan kalender pendidikan Kota Tasikmlaya pada khususnya.

Proses pembelajaran dilakukan berdasarkan standar proses yang ditetapkan oleh pemerintah dalam bentuk proses bembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Penilaian hasil belajar dilakukan berdasarkan standar penilaian yang ditetapkan oleh pemerintah dalam bentuk penilaian formatif, penilaian UTS, UAS, ujian sekolah dan UN.

Peraturan akademik ditetapkan meliputi persyaratan minimal kehadiran untuk mengikuti program pembelajaran, ketentuan mengenai penilaian hasil belajar, ketentuan hak dan kewajiban menggunakan fasilitas pembelajaran, ketentuan menggunakan layanan bimbingan dan kesehatan, ketentuan mengikuti program intrakurikuler, ko- dan ekstrakurikuler, serta layanan beasiswa, program akselerasi dan program khusus cerdas istimewa MIPA.

 

f.     Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Bidang pendidik dan tenaga kependidikan meliputi penetapan dan pengaturan: guru kelas, guru pendidikan agama dan olahraga, guru ko- dan ekstrakurikuler, guru layanan bimbingan, tenaga administrasi, dosen pendamping dari UPI dan pembantu umum.

Guru kelas ditetapkan berdasarkan hasil seleksi guru dari alumni Prodi S.1 PGSD dan ditugaskan berdasarkan SK Rektor UPI dibawah koordinasi Unit Labschool UPI. Pengaturan guru kelas dilakukan atas dasar kesediaan dan kemampuan guru untuk memegang kelas bersangkutan.

Guru pendidikan agama dan pendidikan olahraga ditetapkan hasil seleksi dari alumni jurusan pendidikan terkait dan ditugaskan berdasarkan SK Rektor UPI dibawah koordinasi Manager Labschool UPI.

Guru ko- dan ekstrakurikuler ditetapkan dan diatur berdasarkan minat, bakat, dan kemampuan guru yang meliputi bidang: keagamaan (agama Islam), seni, dan keterampilan prakarya. Penugasannya berdasarkan SK Rektor UPI dibawah koordinasi Manager Labschool UPI.

Guru layanan bimbingan ditetapkan dan diatur berdasarkan latar belakang pendidikan yang relevan dibawah pembinaan dan pendampingan Dosen UPI bidang psikologi (layanan bimbingan konseling). Penugasannya berdasarkan SK Rektor UPI dibawah koordinasi Manager Labschool UPI.

Tenaga administrasi ketatusahaan ditetapkan dan diatur berdasarkan kebutuhan SD Laboratorium Percontohan UPI dan ditugaskan berdasarkan SK Rektor UPI dibawah koordinasi Manager Labschool UPI.

Dosen pendamping dari UPI ditetapkan dan diatur berdasarkan kepakaran dosen dan kebutuhan pendidikan di SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya dalam upaya penjaminan mutu pendidikan di SD Laboratorium.

Pembantu umum ditetapkan dan diatur berdasarkan kebutuhan SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya dan ditugaskan berdasarkan SK Rektor UPI dibawah koordinasi Manager Labschool UPI. Tugas utama pembantu umum adalah menjaga kebersihan, kesehatan, keindahan dan keamanan lingkungan sekolah.

 

g.    Bidang Sarana dan Prasarana

Pengelolaan bidang sarana dan prasarana mengacu kepada standar pengelolaan sarana dan prasarana sekolah yang ditetapkan pemerintah, meliputi: sarana proses pembelajaran, sarana perpustakaan, sarana laboratorium, sarana kegiatan ko- dan ekstrakurikuler.

Pengelolaan program sarana dan prasarana menyangkut hal-hal: perencanaan, penggunan, evaluasi, menentukan skala proiritas pengembangan, dan pemeliharaan.

 

h.   Bidang Keuangan dan Pembiayaan

Pengelolaan bidang keuangan dan pembiayaan ditetapkan dalam bentuk penerimaan dan pengeluaran keuangan sekolah yang disetujui oleh komite sekolah dan dipertanggungjawabkan oleh pimpinan sekolah.

Pertanggungjawaban bidang keuangan dibuat dalam bentuk pembukuan keuangan dengan menggunakan prinsip akuntabilitas publik yang disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah dan orang tua siswa.

 

i.      Budaya dan Lingkungan Sekolah

Pengelolaan budaya dan lingkungan sekolah adalah menyangkut budaya dan lingkungan pendidikan yang kondusif sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Pengelolaan budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif diatur berdasarkan kode-kode etik dan tata tertib yang berlaku untuk seluruh warga sekolah, meliputi: tata tertib pendidik, tata tertib siswa, tata tertib hubungan sekolah dan masyarakat, tata tertib kegiatan intra, ko- dan ekstrakurikler, serta tata tertib kerjasama antar lembaga.

Semua tata tertib disusun dalam bentuk tertulis disahkan oleh pimpinan sekolah dengan sepengetahuan komite sekolah dan Manager Unit Labschool UPI.

 

j.     Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan

Pengelolaan peran serta masyarakat dan kemitraan di SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya meliputi kerja sama kemitraan dengan lembaga pemerintah dan dengan lembaga non-pemerintah atas dasar keuntungan bersama.

Realisasi program kerjasama kemitraan dilakukan minimal dengan pemerintah daerah setempat, dinas pendidikan setempat, lembaga-lembaga pemerintahan terkait, serta dengan pihak organisasi kemasyarakatan dan pihak swasta yang memiliki kepentingan dan keuntungan bersama.

Program kerjasama kemitraan dibuat secara tertulis dipertanggungjawabkan oleh pimpinan sekolah atas sepengetahuan komite sekolah dan atau Manager Labschool UPI.

 

3.      Pengawasan dan Evaluasi

Pengawasan dan evaluasi meliputi: program pengawasan, evaluasi diri, evaluasi pengembangan KTSP, evaluasi penmdayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, dan akreditasi sekolah.

Program pengawasan dilakukan secara objektif, menyeluruh, berkesinambungan dan demokratis berdasarkan standar nasional, menyangkut evaluasi program, supervisi, pelaporan, dan tindak lanjut.

Pengawasan dan evaluasi dimaksudkan untuk penjaminan mutu pendidikan SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya melalui kegiatan:

  1. Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melaporkan hasil evaluasi kegiatannya kepada pimpinan sekolah;
  2. Pimpinan sekolah melporkan hasil evaluasi kepada komite sekolah;
  3. Pimpinan sekolah melaporkan hasil evaluasi kepada dinas pendidikan kecamatan;
  4. Pimpinan sekolah melaporkan hasil evaluasi kepada dinas pendidikan kota.

Evaluasi diri dilakkan berdasarkan hasil kinerja sekolah untuk menguur, menilai, dan melakukan perbaikan pelaksanaan penelenggaraan sekolah berdasarkan standar nasional.

Evaluasi diri dilakukan secara periodik sekurang-kurangnya satu kali dalam satu tahun, mencakup evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan minimal dua kali dalam setahun, serta evaluasi program kerja tahunan sekolah yang dilakukan minimal satu kali dalam setahun.

Evaluasi dan pengembangan KTSP dilakukan secara komprehensif dan fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan dalam pengembangan kearifan lokal serta IPTEK dan kolaboratif melibatkan unsur-unsur terkait yaitu dewan pendidik, komite sekolah, pemakai lulusan dan alumni. Evaluasi dan pengembangan KTSP ini dilakukan pula secara berkala untuk merespons perubahan kebutuhan pendidikan siswa maupun sistem pendidikan itu sendiri.

Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan direncanakan secara komprehensif pada setiap akhir semester dengan mengacu kepada standar pendidik dan tenaga kependidikan. Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan disesuaikan dengan penugasan keakhlian, keseimbangan beban kerja, kinerja dalam pelaksanaan tugas serta pencapaian prestasi kerja dan perubahan-perubahan peserta didiknya.

Akreditasi sekolah terus diupayakan secara maksimal mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dilakukan melalui badan akreditasi eksternal yang memiliki legitimasi.

4.      Kepemimpinan Sekolah

SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang ditugaskan oleh Rektor UPI dan dibantu oleh seorang wakil kepala sekolah yang ditugaskan oleh Manager Labschool UPI.

Kepala sekolah bersama wakil kepala sekolah melaksanakan kepemimpinan di sekolah untuk menjalankan:

  1. Penjabaran visi dan misi sekolah;
  2. Merumuskan tujuan dan target mutu pendidikan sekolah;
  3. Membuat RKAT dan renstra untuk empat tahunan;
  4. Bertanggungjawab dalam membuat keputusan anggaran;
  5. Melibatkan unsur-unsur terkait untuk mengambil kebijakan penting;
  6. Mengembangkan kemitraan dengan orang tua siswa dan pihak-pihak luar sekolah yang saling berkepentingan dan menguntungkan;
  7. Menjaga dan membina kualitas kinerja personal sekolah;
  8. Meniciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif sesuai visi-misi sekolah;
  9. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kurikulum sekolah melalui kegiatan supervisi untuk penjaminan mutu sekolah;
  10. Ikut serta mengembangkan dunia pendidikan dasar melalui keteladanan berupa kepeloporan dan keunggulan sekolah;
  11. Menjamin manajemen pengelolaan sekolah yang sesuai dengan standar pemerintah.

 

5.      Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya telah menggunakan system teknologi informasi modern antara lain menggunakan sistem layanan internet dan sistem informasi lain bersifat elektronik (HP) serta sistem administrasi surat menyurat secara efektif dan fleksibel.

Sistem informasi ini digunakan untuk efektivitas dan efisiensi manajemen sekolah dan menjaga hubungan baik dengan semua fihak serta memudahkan layanan informasi kepada fihak-fihak yang membutuhkan.

 

6.      Penilaian Khusus

Penilaian khusus bagi SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya dimaksudkan adalah penilaian yang dilakukan oleh luar dinas pendidikan, khususnya oleh UPI sebagai lembaga induk dan naungan SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya serta Manager Labschool UPI yang mengkoordinasikan penyelenggaraan sekolah laboratorium di UPI.



CARI TULISAN


PENGUMUMAN TERBARU

JADWAL KEGIATAN


Seleksi Siswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018 Gelombang I

Tgl. 14/03/2017 | Pukul 8:00 am
s/d. 16/03/2017 | Pukul 4:00 pm

Tempat: SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Masuk Tahun Pelajaran Baru 2016/2017

Tgl. 18/07/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/07/2016 | Pukul 2:00 pm

Tempat: SD Lab Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Peresmian Website SD Lab. Percontohan UPI Tasikmalaya

Tgl. 18/04/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/04/2016 | Pukul 8:30 am

Tempat: Sekolah

LOGIN FORM



Lupa Password? | Register »

POLLING SINGKAT

RANDOM ARTIKEL

BERITA LAINNYA

RADOM PAGE

GALERI PHOTO

Kunjungan studi 2016 ke Pangandaran Kegiatan orientasi siswa baru 2016/2017 Kegiatan orientasi siswa baru 2016/2017 Kunjungan studi 2016 ke Pangandaran

KONTAK KAMI