Pemerintah Kota Tasikmalaya

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

SD Laboratorium Percontohan UPI Tasikmalaya

Jl. Dadaha No. 18 Kel. Kahuripan Kec. Tawang 46115 Tasikmalaya Prov. Jawa Barat

Tlp. 085353007575 - NSS: 102327803008 - NPSN: 69892515

TERKINI: Selamat datang di website resmi SD Laboratorium Percontohan UPI Tasikmalaya, kami menyediakan informasi tentang profil, kegiatan, karya, dan dokumentasi sekolah kami pada situs ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

CARI TULISAN


PENGUMUMAN TERBARU

JADWAL KEGIATAN


Seleksi Siswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018 Gelombang I

Tgl. 14/03/2017 | Pukul 8:00 am
s/d. 16/03/2017 | Pukul 4:00 pm

Tempat: SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Masuk Tahun Pelajaran Baru 2016/2017

Tgl. 18/07/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/07/2016 | Pukul 2:00 pm

Tempat: SD Lab Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Peresmian Website SD Lab. Percontohan UPI Tasikmalaya

Tgl. 18/04/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/04/2016 | Pukul 8:30 am

Tempat: Sekolah

LOGIN FORM



Lupa Password? | Register »

POLLING SINGKAT

Personalia - Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Kualifikasi akademik dan kompetensi guru SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya ditetpkan berdasarkan standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru dari pemerintah.

1. Kualifikasi Akademik Guru

Kalifikasi akademik guru SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya adalah minimal lulusan Program Studi S.1 PGSD atau sederajat. Hal ini, untuk guru kelas adalah dari lulusan Program Studi S.1 PGSD, untuk guru agama Islam adalah lulusan Program Studi S.1 Pendidikan Agama Islam dan untuk guru olahraga adalah lulusan Program Studi S.1 Olahraga (Penjaskes).

2. Kompetensi Guru

Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya mengacu kepada standar nasional kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional.

Rincian kompetensi yang harus dimiliki guru SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya adalah berikut ini.

No.

Kompetensi Inti Guru

Kompetensi Guru Kelas

Kompetensi Pedagogik

1

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, social, cultural, emosional dan intelektual

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1    Memahami karakteristik peserta didik usia SD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang social-budaya

 

1.2    Mengidentifikasi potensi peserta didik usia SD dalam lima mata pelajaran SD

 

1.3    Menidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia SD dalam lima mata pelajaran SD

 

1.4    Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia SD dalam lima mata pelajaran SD

 

2

Menguasaai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang m,endidik

 

2.1  Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan lima mata pelajaran SD

2.2  Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD

2.3  Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD

 

3

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran pengembangan yang diampu

1.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

 

1.2 Menentukan tujuan lima mata pelajaran SD

 

1.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD

 

1.4 Memilih materi lima mata pelajaran SD terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran

 

1.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik uisia SD

 

1.6 Mengembangkan indicator dan instrument penilaian

 

4

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

1.1  Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik

1.2  Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran

1.3  Menyusun rancangan pembelajkaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan

1.4  Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium dan di lapangan

1.5  Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh

1.6  Mengambil keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD sesuai dengan situasi yang berkembang

 

5

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran

 

1.1    Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran

 

6

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki

 

1.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal

1.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik termasuk kreativitasnya

 

7

Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik

 

1.1  Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan

1.2  Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dst.

 

8

Menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar

8.1  Memahami prinsip-prinsip penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD

8.2  Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD

8.3  Menentukan prosedur penilaian proses dan hasil belajar

8.4  Mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar

8.5  Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen

8.6  Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan

8.7  Melakukan penlaian proses dan hasil belajar

 

9

Memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pembelajaran

9.1  Menggunakan informasi hasil penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar

9.2  Menggunakan hasil penilaian untuk merancang program

9.3  Mengkomnikasikan hasil penilaian kepada pemangku kepentingan

9.4  Memanfaatkan informasi hasil penilaian untuk meningkatkan kalitas pembelajaran

 

10

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

 

10.1Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan

 

10.2Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran SD

 

10.3Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kulitas pembelajaran lima mata pelajaran SD

 

Kompetensi Kepribadian

11

Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum, social dan kebudayaan nasional Indonesia

 

11.1Menghargai peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat-istiadat, daerah asal dan gender

 

11.2Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hkum dan norma social yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia ang beragam

 

12

Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat

 

12.1Berperilaku jjur, tegas dan manusiawi

 

12.2Berperilaku yang mencerminkan ketaqwaan dan akhlak mulia

 

12.3Berperilaku yang dapat diteladai oleh peserta didik dan anggota masyarakat sekitar

 

13

Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa

 

1.1      Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil

 

1.2      Mernampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif dan berwibawa

 

14

Menunjukkan etos kerja, tanggung awab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri

 

14.1Mennjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi

 

14.2Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri

 

14.3Bekerja mandiri secara profesional

 

15

Menjunjung tinggi kode etik profesi guru

15.1Memahami kode etik profesi guru

 

15.2 Menerapkan kode etik profesi uru

 

15.3Berperilaku sesuai dengan kode etik guru

 

Kompetensi Sosial

16

Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status social ekonomi

 

16.1Bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaan

 

16.2 Tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar elakang keluarga dan status sosial ekonomi

 

17

Berkomnikasi secara efektif, empatik dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat

 

17.1Berkomunikasi dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif

 

17.2Berkomnikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik

 

17.3Mengikuitsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik

 

18

Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman social budaya

 

18.1Beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas sebagai pendidik, termasuk memahami bahasa daerah setempat

18.2 Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah yang bersangkutan

 

 

19

Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain

 

19.1Berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah dan komunitas ilmiah lainnya mellui berbagai media dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan

 

19.2 Mengkomnikasikan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi sendiri secra lisan dan tulisan atau bentuk lain

 

Kompetensi Profesional

20

Menguasai materi, struiktur, konsep, dan pola piker keilmuan yang mendukng mata pelajaran yang diampu

20.1Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa

 

20.2 Memahami kedudukan, fungsi dan ragam bahasa Indonesia

 

20.3Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

 

20.4Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca dan menlis)

 

20.5Memahami teori dan genre sastra Indonesia

 

20.6Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia secara reseptif dan produktif

 

20.7Menguasai pengetahuan konseptual dan procedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika dan logika matematika

 

20.8Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertical untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam duna nata

 

20.9 Mampu mengunakan pengetahuan konseptual, procedural dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

20.10     Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung dan piranti lunak computer

 

20.11     Mampu melakukan observasi gejala alam baik secaa langsung maupun tidak langsung

 

20.12     Memanfaatkan konsep-konsep dan hokum-hukum IPA dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari

 

20.13     Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA

 

20.14     Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai dan keterampilan IPS

 

20.15     Mengembangkan materi, struktur dan konsep keilmuan IPS

 

20.16     Memahmi cita-cita, nilai, konsep dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu social dalam konteks kebinekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global

 

20.17     Memahami fenomena interaksi perkembangan ilm pengetahuan, teknlogi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta salng ketergantungan global

 

20.18     Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn

 

20.19     Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasai konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cina anah air serta bela Negara

 

20.20     Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar

 

20.21     Menguasai konsep, prinsip, nlai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

 

21

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

 

21.1Memahami kompetensi inti pembelajaran SD

 

21.2Memahami kompetensi dasar lima mata pelajaran SD

 

21.3Memahami indicator dan tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD

 

22

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

 

22.1Memilih materi lima mata pelajaran SD yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik

 

22.2Mengolah materti lima mata pelajaran SD secara integrative dan kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik

 

23

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

 

23.1Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus

 

23.2Memanfaatkan hasil refleksi dalam angka peningkatan keprofesionalan

 

23.3Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan keprofesionalan

 

23.4Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber

 

24

Memanfaatkan teknologi informasi dan komnikasi untuk berkomnikasi dan mengembangkan diri

 

24.1Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomnkasi

 

24.2Memanfaatkan teknologi informasi dan komnkasi untuk pengembangan diri

 

 



CARI TULISAN


PENGUMUMAN TERBARU

JADWAL KEGIATAN


Seleksi Siswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018 Gelombang I

Tgl. 14/03/2017 | Pukul 8:00 am
s/d. 16/03/2017 | Pukul 4:00 pm

Tempat: SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Masuk Tahun Pelajaran Baru 2016/2017

Tgl. 18/07/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/07/2016 | Pukul 2:00 pm

Tempat: SD Lab Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Peresmian Website SD Lab. Percontohan UPI Tasikmalaya

Tgl. 18/04/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/04/2016 | Pukul 8:30 am

Tempat: Sekolah

LOGIN FORM



Lupa Password? | Register »

POLLING SINGKAT

RANDOM ARTIKEL

BERITA LAINNYA

RADOM PAGE

GALERI PHOTO

Kegiatan orientasi siswa baru 2016/2017 Kegiatan orientasi siswa baru 2016/2017 Belajar Konstektual Kunjungan studi 2016 ke Pangandaran

KONTAK KAMI