No.
|
Kompetensi Inti Guru
|
Kompetensi Guru Kelas
|
Kompetensi Pedagogik
|
1
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, social, cultural, emosional dan intelektual
|
1.1 Memahami karakteristik peserta didik usia SD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang social-budaya
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik usia SD dalam lima mata pelajaran SD
1.3 Menidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia SD dalam lima mata pelajaran SD
1.4 Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia SD dalam lima mata pelajaran SD
|
2
|
Menguasaai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang m,endidik
|
2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan lima mata pelajaran SD
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD
2.3 Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD
|
3
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran pengembangan yang diampu
|
1.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
1.2 Menentukan tujuan lima mata pelajaran SD
1.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD
1.4 Memilih materi lima mata pelajaran SD terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
1.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik uisia SD
1.6 Mengembangkan indicator dan instrument penilaian
|
4
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
1.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik
1.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
1.3 Menyusun rancangan pembelajkaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan
1.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium dan di lapangan
1.5 Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh
1.6 Mengambil keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD sesuai dengan situasi yang berkembang
|
5
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
|
1.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
|
6
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
|
1.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal
1.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik termasuk kreativitasnya
|
7
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik
|
1.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan
1.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dst.
|
8
|
Menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar
|
8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD
8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD
8.3 Menentukan prosedur penilaian proses dan hasil belajar
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar
8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan
8.7 Melakukan penlaian proses dan hasil belajar
|
9
|
Memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pembelajaran
|
9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar
9.2 Menggunakan hasil penilaian untuk merancang program
9.3 Mengkomnikasikan hasil penilaian kepada pemangku kepentingan
9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian untuk meningkatkan kalitas pembelajaran
|
10
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
|
10.1Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
10.2Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran SD
10.3Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kulitas pembelajaran lima mata pelajaran SD
|
Kompetensi Kepribadian
|
11
|
Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum, social dan kebudayaan nasional Indonesia
|
11.1Menghargai peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat-istiadat, daerah asal dan gender
11.2Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hkum dan norma social yang berlaku dalam masyarakat, serta kebudayaan nasional Indonesia ang beragam
|
12
|
Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat
|
12.1Berperilaku jjur, tegas dan manusiawi
12.2Berperilaku yang mencerminkan ketaqwaan dan akhlak mulia
12.3Berperilaku yang dapat diteladai oleh peserta didik dan anggota masyarakat sekitar
|
13
|
Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa
|
1.1 Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil
1.2 Mernampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif dan berwibawa
|
14
|
Menunjukkan etos kerja, tanggung awab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri
|
14.1Mennjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi
14.2Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri
14.3Bekerja mandiri secara profesional
|
15
|
Menjunjung tinggi kode etik profesi guru
|
15.1Memahami kode etik profesi guru
15.2 Menerapkan kode etik profesi uru
15.3Berperilaku sesuai dengan kode etik guru
|
Kompetensi Sosial
|
16
|
Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status social ekonomi
|
16.1Bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaan
16.2 Tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar elakang keluarga dan status sosial ekonomi
|
17
|
Berkomnikasi secara efektif, empatik dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat
|
17.1Berkomunikasi dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif
17.2Berkomnikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik
17.3Mengikuitsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
|
18
|
Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman social budaya
|
18.1Beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas sebagai pendidik, termasuk memahami bahasa daerah setempat
18.2 Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah yang bersangkutan
|
19
|
Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain
|
19.1Berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah dan komunitas ilmiah lainnya mellui berbagai media dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan
19.2 Mengkomnikasikan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi sendiri secra lisan dan tulisan atau bentuk lain
|
Kompetensi Profesional
|
20
|
Menguasai materi, struiktur, konsep, dan pola piker keilmuan yang mendukng mata pelajaran yang diampu
|
20.1Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa
20.2 Memahami kedudukan, fungsi dan ragam bahasa Indonesia
20.3Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
20.4Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca dan menlis)
20.5Memahami teori dan genre sastra Indonesia
20.6Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia secara reseptif dan produktif
20.7Menguasai pengetahuan konseptual dan procedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika dan logika matematika
20.8Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertical untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam duna nata
20.9 Mampu mengunakan pengetahuan konseptual, procedural dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
20.10 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung dan piranti lunak computer
20.11 Mampu melakukan observasi gejala alam baik secaa langsung maupun tidak langsung
20.12 Memanfaatkan konsep-konsep dan hokum-hukum IPA dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari
20.13 Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA
20.14 Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai dan keterampilan IPS
20.15 Mengembangkan materi, struktur dan konsep keilmuan IPS
20.16 Memahmi cita-cita, nilai, konsep dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu social dalam konteks kebinekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
20.17 Memahami fenomena interaksi perkembangan ilm pengetahuan, teknlogi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta salng ketergantungan global
20.18 Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn
20.19 Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasai konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cina anah air serta bela Negara
20.20 Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar
20.21 Menguasai konsep, prinsip, nlai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia
|
21
|
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
|
21.1Memahami kompetensi inti pembelajaran SD
21.2Memahami kompetensi dasar lima mata pelajaran SD
21.3Memahami indicator dan tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD
|
22
|
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif
|
22.1Memilih materi lima mata pelajaran SD yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
22.2Mengolah materti lima mata pelajaran SD secara integrative dan kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
|
23
|
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
|
23.1Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus
23.2Memanfaatkan hasil refleksi dalam angka peningkatan keprofesionalan
23.3Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan keprofesionalan
23.4Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber
|
24
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komnikasi untuk berkomnikasi dan mengembangkan diri
|
24.1Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomnkasi
24.2Memanfaatkan teknologi informasi dan komnkasi untuk pengembangan diri
|