Pemerintah Kota Tasikmalaya

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

SD Laboratorium Percontohan UPI Tasikmalaya

Jl. Dadaha No. 18 Kel. Kahuripan Kec. Tawang 46115 Tasikmalaya Prov. Jawa Barat

Tlp. 085353007575 - NSS: 102327803008 - NPSN: 69892515

TERKINI: Selamat datang di website resmi SD Laboratorium Percontohan UPI Tasikmalaya, kami menyediakan informasi tentang profil, kegiatan, karya, dan dokumentasi sekolah kami pada situs ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

CARI TULISAN


PENGUMUMAN TERBARU

JADWAL KEGIATAN


Seleksi Siswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018 Gelombang I

Tgl. 14/03/2017 | Pukul 8:00 am
s/d. 16/03/2017 | Pukul 4:00 pm

Tempat: SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Masuk Tahun Pelajaran Baru 2016/2017

Tgl. 18/07/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/07/2016 | Pukul 2:00 pm

Tempat: SD Lab Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Peresmian Website SD Lab. Percontohan UPI Tasikmalaya

Tgl. 18/04/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/04/2016 | Pukul 8:30 am

Tempat: Sekolah

LOGIN FORM



Lupa Password? | Register »

POLLING SINGKAT

Profil - Latar Belakang Pendirian

UPI Kampus Tasikmalaya sebagai bagian integral dari UPI yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan khususnya untuk program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), harus dapat mewujudkan visi dan misi UPI sebagai sebuah universitas yang unggul dan terdepan ( a leading and outstanding university )

Ada lima hal pokok yang menjadi latar belakang perlu pendirian SD Laboratorium Percontohan di UPI Kampus Tasikmalaya, yaitu: (1) Renstra UPI tentang pendirian sekolah laboratorium; (2) Sasaran Renstra UPI Kampus Tasikmalaya tahun 2014; (3) Visi dan misi UPI Kampus Tasikmalaya; (4) Evaluasi diri UPI Kampus Tasikmalaya, dan (5) Analisis SWOT UPI Kampus Tasikmalaya. Kelima hal pokok, menjadi satu kesatuan yang secara mendasar menjadi landasan utama pendirian Sekolah Dasar Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya.

1. Renstra UPI tentang Pendirian Sekolah Laboratorium

Kebijakan Rektor UPI melalui Renstra UPI, pada tahun 2014 di lingkungan UPI harus berdiri beberapa sekolah laboratorium baik untuk tingkat pendidikan anak usia dini, tingkat sekolah dasar, sekolah lanjutan tingkat pertama, maupun untuk sekolah lanjutan tingkat atas. Hal tersebut dimaksudkan dalam rangka pengembangan pendidikan baik untuk di tingkat program studi, tingkat jurusan, maupun di tingkat fakultas.

Renstra UPI tahun 2014 secara khusus menetapkan bahwa untuk pengembangan pendidikan tingkat sekolah dasar perlu segera didirikan SD Laboratorium di semua UPI kampus daerah termasuk di UPI Kampus Tasikmalaya.

SD Laboratorium yang didirikan di UPI kampus-kampus daerah diharapkan menjadi tempat pengembangan pendidikan dasar tingkat sekolah dasar yang dapat memberi kontribusi maksimal bagi pengembangan program pendidikan sekolah dasar. SD Laboratorium merupakan tempat bagi mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mengembangkan diri, mengembangkan pengetahuan, dan mengembangkan pengalaman dalam rangka menyiapkan sebagai tenaga guru profesonal. SD Laboratorium merupakan pula unjuk keunggulan lembaga UPI kampus-kampus daerah dalam rangka pengembangan pendidikan di tingkat sekolah dasar, serta memberikan model-model inovasi penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang dibutuhkan dalam abad persaingan global. 

2. Sasaran Renstra UPI Kampus Tasikmalaya Tahun 2014

Sasaran Renstra UPI Kampus Tasikmalaya, pada tahun 2014 harus berdiri SD Laboratorium Percontohan dalam rangka unjuk lembaga UPI Kampus Tasikmalaya yang unggul dan terdepan sesuai visi dan misi UPI.

Tahun 2014 merupakan target awal memulai pendirian SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya. Tahun 2014 melalui tim pengembang, perlu dimulai pendirian SD Laboratorium Percontohan dengan menerima siswa baru untuk di tingkat kelas I. Bersamaan dengan itu, perlu pula ditetapkan program dan unggulan model sekolah dasar yang dapat dikembangkan pada masa akan datang, serta akan menjadi model dalam pembaharuan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di tingkat sekolah dasar.

SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya didirikan selain menjadi unjuk lembaga UPI sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang unggul dan terdepan, khsusnya untuk di daerah Tasikmalaya dan sekitarnya, tetapi merupakan pula tempat pengembangan penyelenggaraan pendidikan dan perkuliahan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang harus mampu memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman maksimal bagi para mahasiswa dalam menyongsong persaingan tenaga profesinal guru pendidikan dasar tingkat sekolah dasar. SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya akan merupakan tempat pengembangan perkulihan mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar bahkan akan menjadi tempat pengembangan pendidikan dasar tingkat sekolah dasar melalui kegiatan penelitian dan pengabdian bidang pendidikan.

SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya diharapkan menjadi multi fungsi dalam rangka pengembangan pendidikan dasar khususnya untuk di tingkat sekolah dasar menyongsong kemajuan-kemajuan dunia pendidikan yang penuh persaingan secara global.

3. Visi dan Misi UPI Kampus Tasikmalaya

a. Visi UPI Kampus Tasikmalaya

UPI Kampus Tasikmalaya memiliki visi sebagai Kampus daerah pelopor dan unggul dalam menyiapkan guru sekolah dasar dan anak usia dini yang religius, professional, berkarakter dan berkearifan lokal untuk mampu bersaing di tingkat lokal, regional maupun nasional.

Pendirian SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya merupakan salah satu perwujudan visi UPI Kampus Tasikmalaya.

b. Misi UPI Kampus Tasikmalaya

UPI Kampus Tasikmalaya memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik usia dini dan sekolah dasar yang religius, professional, berkarakter dan berdaya saing di tingkat lokal, regional maupun nasional;
  2. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan usia dini dan sekolah dasar untuk menjadi landasan dalam proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dalam bidang pendidikan di sekolah dasar dan anak usia dini;
  4. Menyelenggarakan pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat lokal, regional maupun nasional.

Pendirian SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya merupakan salah satu perwujudan menunjang misi yang diemban oleh UPI Kampus Tasikmalaya.

4. Evaluasi Diri UPI Kampus Tasikmalaya

UPI Kampus Tasikmalaya memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan sendiri sehingga perlu mewujudkan pendirian SD Laboratorium Percontohan.

Kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan UPI Kampus Tasikmalaya antara lain meliputi (1) kondisi pembelajaran, (2) kondisi penelitian dan pengembangan, (3) kondisi pengabdian kepada masyarakat, (4) kondisi kegiatan kemahasiswaan, (5) kondisi modernisasi kampus, dan (5) kondisi peningkatan citra UPI di masyarakat.

a. Kondisi Pembelajaran UPI Kampus Tasikmalaya

Kekuatan kondisi pembelajaran UPI Kampus Tasikmlaya antara lain banyak para lulusan program studi S.1 PGSD yang meraih nilai cumlude berkat proses penyelenggaraan perkuliahan yang dilakukan para mahasiswa dengan para dosen pengampu matakuliah walaupun belum ditunjang oleh fasilitas memadai. Dalam hal ini, dirasakan sekali perlu pendirian SD Laboratorium Percontohan untuk menunjang pelaksanan program perkuliahan.

Kelemahan kondisi pembelajaran UPI Kampus Tasikmalaya antara lain belum memiliki sekolah dasar tempat khusus secara representatif untuk pengembangan proses perkuliahan program PGSD. Dengan hal ini, maka perlu ada SD Laboratorium Percontohan yang akan dijadikan sebagai tempat khusus pengembangan program pendidikan sekolah dasar.

Peluang dari kondisi pembelajaran UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah melalui penyediaan sarana SD Laboratorium Percontohan diharapkan akan lebih memberikan sarana pembelajaran yang akan menghasilkan lagi alumni program studi PGSD yang berprestasi untuk menunjang kemajuan pendidikan dasar hususnya di tingkat sekolah dasar.

Tantangan untuk kondisi pembelajaran UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah UPI Kampus Tasikmalaya sebagian besar memiliki sarana pembelajaran berupa bangunan dan fasilitas bekas SPG Negeri Tasikmalaya yang hanya mengalami rehabilitasi, sehingga perlu didirikan bangunan-bangunan baru untuk fasilitas yang dibutuhkan seperti bangunan SD Laboratorium Percontohan sebagai fasilitas penunjang pengembangan program perkuliahan di PGSD.

b.  Kondisi Kegiatan Penelitian dan Pengembangan di UPI Kampus Tasikmalaya

Kekuatan kegiatan penelitian dan pengembangan di UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah para dosen UPI Kampus Tasikmalaya sering melakukan penelitian pendidikan dasar tingkat sekolah dasar. Banyak dosen PGSD UPI Kampus Tasikmalaya yang telah memperoleh dana penelitian dari Dikti maupun UPI untuk melakukan penelitian pendidikan dasar tingkat sekolah dasar melalui cara kerja sama dengan lembaga di luar kampus. Melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih berpeluang untuk melakukan penelitian di lingkungan lembaga sendiri.

Kelemahan kegiatan penelitian dan pengembangan di UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah para dosen UPI Kampus Tasikmalaya cenderung lebih banyak melakukan penelitian di luar kampus sehingga dampak langsung hasil penelitian untuk kepentingan lingkungan UPI Kampus Tasikmalaya kurang dapat dirasakan. Melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan, dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih berpeluang untuk melakukan penelitian untuk kepentingan di lingkungan lembaga sendiri.

Peluang kegiatan penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan para dosen UPI Kampus Tasikmalaya sangat besar melalui tersedianya skim-skim penelitian yang disediakan UPI. Oleh karena itu, melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih berpeluang untuk memperoleh dana penelitian untuk penelitian di lingkungan lembaga sendiri.

Tantangan untuk kegiatan penelitian dan pengembangan oleh para dosen UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah persaingan kesempatan memperoleh dana penelitian serta belum semua dosen UPI Kampus Tasikmalaya sering melakukan penelitian, sehingga perlu ditunjang oleh SD Laboratorium Percontohan yang akan memberikan peluang untuk memperoleh kesempatan melalui adanya tempat pelaksanan penelitian sendiri.

c. Kondisi Pengabdian kepada Masyarakat di UPI Kampus Tasikmalaya

Kekuatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah para dosen UPI Kampus Tasikmalaya sering melakukan pengabdian masyarakat di luar kampus. Banyak dosen PGSD UPI Kampus Tasikmalaya yang telah memperoleh dana pengabdian dari Dikti maupun UPI untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui cara kerja sama dengan lembaga di luar kampus. Melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan terangsang dan lebih berpeluang untuk melakukan pengabdian pendidikan di lingkungan lembaga sendiri.

Kelemahan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah para dosen UPI Kampus Tasikmalaya cenderung lebih banyak melakukan pengabdian ke luar kampus sehingga dampak langsung hasil pengabdian untuk kepentingan lingkungan UPI Kampus Tasikmalaya kurang dapat dirasakan. Melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih terangsang dan berpeluang untuk melakukan pengabdian untuk kepentingan di lingkungan lembaga sendiri.

Peluang kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan para dosen UPI Kampus Tasikmalaya sangat besar melalui tersedianya skim-skim pengabdian yang disediakan UPI. Oleh karena itu, melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih terangsang dan berpeluang untuk memperoleh dana pengabdian di lingkungan lembaga sendiri.

Tantangan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh para dosen UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah persaingan kesempatan memperoleh dana pengabdian serta balum semua dosen UPI Kampus Tasikmalaya sering melakukan pengabdian, sehingga perlu ditunjang oleh SD Laboratorium Percontohan yang akan memberikan peluang untuk memperoleh kesempatan melalui adanya tempat pelaksanan pengabdian sendiri.

d. Kondisi Kegiatan Kemahasiswaan di UPI Kampus Tasikmalaya

Kekuatan kegiatan kemahasiswaan UPI Kampus Tsikmalaya antara lain adalah banyak aktivitas kemahasiswaan yang menyentuh pendidikan dasar secara produktif, khususnya menyangkut bidang pendidikan tingkat sekolah dasar, sehingga perlu ditunjang oleh sarana yang lebih memadai melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan.

Kelemahan kegiatan kemahasiswaan UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah belum tersedia secara khusus sarana aktivitas yang menyentuh pendidikan dasar tingkat sekolah dasar di lingkungan sendiri, sehingga perlu didirikan SD Laboratorium Percontohan sebagai sarana aktivitas di lingkungan sendiri.

Peluang kegiatan kemahasiswaan UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah banyak kreasi yang berkembang di kalangan para mahasiswa untuk mengembangkan pendidikan dasar tingkat sekolah dasar, sehingga perlu diberi fasilitas sarana SD Laboratorium Percontohan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa lebih mengembangkan kreativitasnya.

Tantangan kegiatan kemahasiswaan UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah mahasiswa yang aktif melakukan kegiatan masih sangat terbatas, sehingga perlu diberi peluang untuk berkembang melalui penyediaan sarana SD Laboratorium Percontohan.

e. Modernisasi UPI Kampus Tasikmalaya

Kekuatan dalam modernisasi kampus UPI Tasikmalaya antara lain adalah telah dibangun gedung induk baru dan direncanakan akan dibangun pula bangunan-bangunan lainnya serta disedikan berbagai fasilitas elektronik dalam rangka modernisasi kampus.

Kelemahan modernisasi kampus UPI Tasikmalaya antara lain adalah bangunan baru yang didirikan serta fasilitas elektronik yang disediakan masih terbatas dan sebagian besar masih menggunakan bangunan serta fasilitas lama peninggalan SPG Negeri Tasikmalaya, sehinga perlu didirikan SD Laboratorium Percontohan untuk memberikan kontribusi dalam rangka modernisasi kampus.

Peluang modernisasi kampus UPI Tasikmalaya antara lain adalah tersedia lahan yang memungkinkan untuk pengembangan gedung dan fasilitas pengembangan program PGSD termasuk untuk pendirian SD Laboatorium Percontohan.

Tantangan modernisasi kampus UPI Tasikmalaya antara lain adalah bangunan dan fasilitas yang terbatas untuk menunjukkan sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan modern, sehingga perlu didirikan SD Laboratorium Percontohan untuk memberikan kontribusi dalam rangka modernisasi kampus.

f. Peningkatan Citra UPI Kampus Tasikmalaya

Kekuatan citra UPI Kampus Tasikmalaya anara lain adalah

masyarakat luas khususnya di wilayah Priangan Timur telah mengakui kredibilitas lembaga UPI sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang telah membina mahasiswa berprestasi dalam kinerja sesuai profesinya, sehingga citra UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih dibanggakan lagi jika telah didirikan SD Laboratorium Percontohan sebagai sarana pengembangan pendidikan dasar khususnya di tingkat sekolah dasar.

Kelemahan citra UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah belum tersedia bangunan dan fasilitas yang lebih memberikan dukungan untuk kebanggaan UPI, sehingga perlu didirikan SD Labratorium Percontohan untuk menambah kebanggaan citra UPI.

Peluang citra UPI Kampus Tasikmalaya antara lain adalah dengan telah dibanguan bangunan induk baru UPI Kampus Tasikmalaya yang megah serta pengembangan model sekolah dasar melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan akan lebih memberikan kebanggaan dan pencitraan UPI Kampus Tasikmalaya.

Tantangan citra UPI Kampus Tasikmlaya antara lain adalah keberadaan dan kredibilitas lembaga sebagai satu-satunya lembaga pendidikan tenaga kependidikan negeri di wilayah Priangan Timur belum diketahui oleh masyarakat secara lebih luas, sehingga melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan akan lebih memberikan pencitraan UPI Kampus Tasikmalaya di mata masyarakat luas.

5. Analisis SWOT UPI Kampus Tasikmalaya

Pendirian  Sekolah  Dasar  Laboratorium  Percontohan  UPI  Kampus

Tasikmalaya didasari pula oleh hasil analisis SWOT UPI Kampus Tasikmalaya. Analisis SWOT berkaitan dengan pendirian Sekolah Dasar Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya adalah seperti di bawah ini.

a. Kekuatan UPI Kampus Tasikmalaya

Kekuatan UPI Kampus Tasikmlaya terkait pendirian SD Laboratorium Percontohan antara lain berikut ini.

1) Banyak para lulusan program studi S.1 PGSD yang meraih nilai cumlude berkat proses penyelenggaraan perkuliahan yang dilakukan para mahasiswa dengan para dosen pengampu matakuliah walaupun belum ditunjang oleh fasilitas memadai. Dengan hal tersebut, dirasakan sekali perlu pendirian SD Laboratorium Percontohan untuk menunjang pelaksanan program perkuliahan.

2) Para dosen UPI Kampus Tasikmalaya sering melakukan penelitian pendidikan dasar tingkat sekolah dasar. Banyak dosen PGSD UPI Kampus Tasikmalaya yang telah memperoleh dana penelitian dari Dikti maupun UPI untuk melakukan penelitian dalam pendidikan dasar tingkat sekolah dasar melalui kerja sama dengan lembaga di luar kampus. Melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih berpeluang untuk melakukan penelitian di lingkungan lembaga sendiri.

3) Para dosen UPI Kampus Tasikmalaya sering melakukan pengabdian masyarakat di luar kampus. Banyak dosen PGSD UPI Kampus Tasikmalaya yang telah memperoleh dana pengabdian dari Dikti maupun UPI untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui cara kerja sama dengan lembaga di luar kampus. Melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan merangsang dan lebih berpeluang untuk melakukan pengabdian pendidikan di lingkungan lembaga sendiri.

4) Banyak aktivitas kemahasiswaan yang menyentuh pendidikan dasar secara produktif, khususnya menyangkut bidang pendidikan tingkat sekolah dasar, sehingga perlu ditunjang oleh sarana yang lebih memadai melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan.

5) Telah dibangun gedung induk baru dan direncanakan akan dibangun pula bangunan-bangunan lainnya serta disedikan berbagai fasilitas elektronik dalam rangka modernisasi kampus, termasuk direncanakan pendirian SD Laboratorium Percontohan.

6) Masyarakat luas khususnya di wilayah Priangan Timur telah mengakui kredibilitas lembaga UPI sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang telah membina mahasiswa berprestasi dalam kinerja sesuai dengan profesinya, sehingga citra UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih dibanggakan lagi jika telah didirikan SD Laboratorium Percontohan sebagai sarana pengembangan pendidikan dasar khususnya untuk di tingkat sekolah dasar.

b. Kelemahan UPI Kampus Tasikmalaya

Kelemahan UPI Kampus Tasikmalaya terkait pendirian SD Laboratorium Percontohan antara lain adalah berikut ini.

1) Belum memiliki sekolah dasar tempat khusus secara representatif untuk pengembangan proses perkuliahan program PGSD. Dengan hal ini, maka perlu ada SD Laboratorium Percontohan yang akan dijadikan sebagai tempat khusus pengembangan program pendidikan sekolah dasar.

2) Para dosen UPI Kampus Tasikmalaya cenderung lebih banyak melakukan penelitian di luar kampus sehingga dampak langsung hasil penelitian untuk kepentingan lingkungan UPI Kampus Tasikmalaya kurang juga dapat dirasakan. Melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih berpeluang untuk melakukan penelitian untuk kepentingan di lingkungan lembaga sendiri.

3) Para dosen UPI Kampus Tasikmalaya cenderung lebih banyak melakukan pengabdian ke luar kampus sehingga dampak langsung hasil pengabdian untuk kepentingan lingkungan UPI Kampus Tasikmalaya kurang dapat dirasakan. Melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih terangsang dan berpeluang untuk melakukan pengabdian untuk kepentingan di lingkungan lembaga sendiri.

4) Belum tersedia secara khusus sarana aktivitas yang menyentuh pendidikan dasar tingkat sekolah dasar di lingkungan sendiri, sehingga perlu didirikan SD Laboratorium Percontohan sebagai sarana aktivitas di lingkungan sendiri.

5) Bangunan baru yang didirikan serta fasilitas elektronik yang disediakan masih terbatas dan sebagian besar masih menggunakan bangunan serta fasilitas lama peninggalan SPG Negeri Tasikmalaya yang hanya mengalami renovasi, sehinga perlu didirikan SD Laboratorium Percontohan untuk memberikan kontribusi dalam rangka modernisasi kampus.

6) Belum tersedia bangunan dan fasilitas yang lebih memberikan dukungan untuk kebanggaan UPI, sehingga perlu didirikan SD Labratorium Percontohan untuk menambah kebanggaan citra UPI.

c. Peluang UPI Kampus Tasikmalaya

Peluang UPI Kampus Tasikmalaya terkait pendirian SD Laboratorium Percontohan antara lain adalah seperti di bawah ini.

1) Melalui penyediaan sarana SD Laboratorium Percontohan diharapkan akan lebih memberikan sarana pembelajaran yang akan menghasilkan lagi alumni program studi PGSD yang berprestasi untuk menunjang kemajuan pendidikan dasar hususnya di tingkat sekolah dasar.

2) Peluang kegiatan penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan para dosen UPI Kampus Tasikmalaya sangat besar melalui tersedianya skim-skim penelitian yang disediakan UPI. Oleh karena itu, melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih berpeluang untuk memperoleh dana penelitian untuk penelitian di lingkungan lembaga sendiri.

3) Peluang kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan para dosen UPI Kampus Tasikmalaya sangat besar melalui tersedianya skim-skim pengabdian yang disediakan UPI. Oleh karena itu, melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan dosen UPI Kampus Tasikmalaya akan lebih terangsang dan berpeluang untuk memperoleh dana pengabdian di lingkungan lembaga sendiri.

4) Banyak kreasi yang berkembang di kalangan para mahasiswa untuk mengembangkan pendidikan dasar tingkat sekolah dasar, sehingga perlu diberi fasilitas sarana SD Laboratorium Percontohan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa lebih mengembangkan kreativitasnya.

5) Tersedia lahan yang memungkinkan untuk pengembangan gedung dan fasilitas pengembangan program PGSD termasuk untuk pendirian SD Laboratorium Percontohan.

6) Dengan telah dibanguan bangunan induk baru UPI Kampus Tasikmalaya yang megah serta pengembangan model sekolah melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan akan lebih memberikan kebanggaan dan pencitraan UPI Kampus Tasikmalaya kepada masyarakat luas.

d. Tantangan UPI Kampus Tasikmalaya

Tantangan UPI Kampus Tasikmalaya terkait pendirian SD Laboratorium Percontohan antara lain adalah berikut ini.

1) UPI Kampus Tasikmalaya sebagian besar memimiliki sarana bangunan dan fasilitas bekas SPG Negeri Tasikmalaya yang hanya mengalami rehabilitasi, sehingga perlu didirikan bangunan-bangunan baru untuk fasilitas yang dibutuhkan antara lain bangunan SD Laboratorium Percontohan sebagai fasilitas penunjang pengembangan program pembelajaran di PGSD.

2) Persaingan kesempatan memperoleh dana penelitian serta balum semua dosen UPI Kampus Tasikmalaya sering melakukan penelitian, sehingga perlu ditunjang oleh SD Laboratorium Percontohan yang akan memberikan peluang untuk memperoleh kesempatan melalui adanya tempat pelaksanan penelitian.

3) Persaingan kesempatan memperoleh dana pengabdian serta balum semua dosen UPI Kampus Tasikmalaya sering melakukan pengabdian, sehingga perlu ditunjang oleh SD Laboratorium Percontohan yang akan memberikan peluang untuk memperoleh kesempatan melalui adanya tempat pelaksanan pengabdian.

4) Mahasiswa yang aktif melakukan kegiatan masih sangat terbatas, sehingga perlu diberi peluang untuk berkembang melalui penyediaan sarana SD Laboratorium Percontohan.

5) Bangunan dan fasilitas yang dirasakan masih terbatas untuk menunjukkan sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan modern, sehingga perlu didirikan SD Laboratorium Percontohan untuk memberikan kontribusi dalam rangka modernisasi kampus.

6) Keberadaan dan kredibilitas lembaga sebagai sastu-satunya lembaga pendidikan tenaga kependidikan negeri di wilayah Priangan Timur belum diketahui oleh masyarakat secara lebih luas, sehingga melalui pendirian SD Laboratorium Percontohan akan lebih memberikan pencitraan UPI Kampus Tasikmalaya di mata masyarakat luas.



CARI TULISAN


PENGUMUMAN TERBARU

JADWAL KEGIATAN


Seleksi Siswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018 Gelombang I

Tgl. 14/03/2017 | Pukul 8:00 am
s/d. 16/03/2017 | Pukul 4:00 pm

Tempat: SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Masuk Tahun Pelajaran Baru 2016/2017

Tgl. 18/07/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/07/2016 | Pukul 2:00 pm

Tempat: SD Lab Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya

Peresmian Website SD Lab. Percontohan UPI Tasikmalaya

Tgl. 18/04/2016 | Pukul 8:00 am
s/d. 18/04/2016 | Pukul 8:30 am

Tempat: Sekolah

LOGIN FORM



Lupa Password? | Register »

POLLING SINGKAT

RANDOM ARTIKEL

BERITA LAINNYA

RADOM PAGE

GALERI PHOTO

Kunjungan studi 2016 ke Pangandaran Papan Nama Sekolah Kunjungan studi 2016 ke Pangandaran Belajar dari Lingkungan

KONTAK KAMI