SD Lab. UPI Tasikmalaya Sukses Laksanakan ANBK Perdana 2021

06/12/2021 | Berita

Annisa Anita D. | 06/12/2021 | Informasi, Lain-lain | No Comments

 

Tasikmalaya, SD Laboratorium UPI Tasikmalaya

Sekilas perlu diketahui bahwasannya asesmen nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

SD Laboratorium UPI Tasikmalaya sukses melaksanakan ANBK dan/atau AKM perdana yang digelar pada 2021. AKM yang selanjutnya disebut dengan ANBK diikuti oleh siswa kelas V, peserta yang diambil tidak secara keseluruhan hanya 30 orang sebagai sample. Lebih lanjut lagi peserta yang terpilih merupakan peserta yang dipilih secara random langsung oleh kemdikbud sehingga sekolah tidak memiliki hak untuk mengganti peserta yang terpilih. Pada pelaksanaannya dilaksanakan selama dua hari dibagi menjadi dua sesi untuk menjaga protokol kesehatan, lebih dari itu pengawas yang ditunjuk selama ANBK adalah guru dari sekolah lain yang ditunjuk sebagai pengawas.


Lebih jelas lagi, kemdikbud menjelaskan bahwa asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

(Annisa Anita)