Siswa-siswi Kelas 1 SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya Juara Membuat Colenak

29/09/2016 | Kegiatan Pendidikan

Colenak beuleum peuyeum digulaan

Colenak beuleum peuyeum digulaan

Awas bom batok awas bom batok

Aki-aki rada montok

Leumpangna dicentok-centok

Sieun nincak tai kotok

Itulah sepenggal lagu yang dinyanyikan  siswa-siswi kelas 1 SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Tasikmalaya. Anak-anak bernyanyi sambil bergoyang dengan semangat dan kompak. Tim guru kelas 1 merancang kegiatan ko-kurikuler berbasis kearifan lokal, yaitu membuat “colenak” yang merupakan salah satu makanan khas Sunda. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari materi tema yang sedang diajarkan di kelas 1, yaitu tema makanan.

Setiap siswa ditugaskan untuk membawa bahan-bahan dan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat colenak, di antaranya peuyeum, pisang kepok, kinca (gula merah cair), suuk goreng, susu, pisau, talenan, dan tungku pembakaran. Kegiatan dilaksanakan di halaman kelas gedung lama sekolah. Setiap kelas memiliki tempat perapian untuk membakar peuyeum dan pisang (pangbeuleuman) yang terpisah. Siswa sangat antusias dalam melaksanakan setiap tahap pembuatan colenak dengan bimbingan guru kelas masing-masing. Ada yang bertugas memotong peuyeum dan pisang, membantu guru ngabeuleum peuyeum dan pisang, membawa kayu bakar, menata piring, dan menuangkan bahan-bahan yang sudah matang kedalam piring, seperti kinca, suuk, ditambah parutan keju.

Tahap demi tahap pembuatan colenak telah selesai. Akhirnya colenak matang dan siap disantap, guru dan siswa-siswa menyantap colenak bersama sambil ngariung di bawah pohon rindang. Hasil kreasi colenak kelas 1 tidak kalah dari buatan pedagang colenak aslinya,dan rasanya dijamin uueeeenaak.

Kegiatan ko-kurikuler seperti ini sangat perlu dilaksanakan di sekolah untuk memperkenalkan salah satu makanan khas Sunda sebagai bagian dari budaya Sunda, serta membangun jiwa preuneurship siswa sejak dini. Sehingga mereka akan menghargai dan melestarikan budaya Sunda.(Rini)