Tingkatkan Kompetensi GTK: Pelatihan Interaktif Model Waterfall dalam Menulis Berbasis Skemata
20/11/2024 | BeritaAnnisa Anita Dewi | 20 Nopember 2024 | Berita | SD Laboratorium UPI Tasikmalaya
Tasikmalaya, SD Laboratorium UPI Tasikmalaya
Rabu (20/11/2024) meningkatkan kemampuan dan skill GTK, SD Laboratorium UPI Tasikmalaya melaksanakan Pelatihan Interaktif Model Waterfall dalam Menulis Berbasis Skemata. Pelatihan ini menggunakan learning management system (LMS) sebagai platform yang membantu proses pembelajaran, sehingga membutuhkan perangkat teknologi komputerisasi untuk pelaksanaannya. Hal itu sejalan dengan era digitalisasi dengan momentumnya mengoptimalkan lebih eksplisit untuk meningkatkan kompetensi GTK.
Kegiatan pelatihan ini di laksanakan di Laboratorium TIK SD Laboratorium UPI Tasikmalaya. Pelatihan pembelajaran interaktif model "waterfall" dalam menulis berbasis "skemata", para guru belajar secara interaktif bagaimana mengomunikasikan informasi berkaitan dengan kegiatan mengajar melalui pelatihan menulis berbasis skemata.
Menulis berbasis skemata memiliki 6 langkah-langkah yang terdiri dari tema, maksud (latar belakang), tujuan (batas akhir), visi (idealis), misi (terdiri dari 3 tesis, yakni: tesis 1 lokusi, tesis 2 ilokusi, tesis 3 perlokusi), tubuh naskah. Proses menulis berbasis skemata ini melibatkan level kognitif dari C1 hingga C6, afektif dan psikomotor.
"Kita akan kembali belajar, ini sebagai strategi meningkatkan kompetensi guru terutama dalam pengimbasan mengajar," kata Kepala Sekolah SD Laboratorium UPI Tasikmalaya, Chusna Arifah, S.Pd.Gr., M.Pd. saat menyampaikan sambutannya sebelum acara dimulai.
Luaran dari pelatihan menulis berbasis skemata di upload ke dalam link lms https://sangkuriang.edukati.com/my/, melalui platform pembelajaran digital tersebut guru dapat menggunakannya sebagai sarana kegiatan belajar mengajar yang lebih interaktif. (Annisa Anita Dewi)